Modifikasi Motor Didenda, Jika Modifnya Seperti Ini

Modifikasi Motor Didenda – Larangan modifikasi motor memang sempat membuat heboh masyarakat, berbagai pendapat pro dan kontra pun bermunculan dari para netizen melalui jejaring sosial. Nominal denda modifikasi motor yang selangit pun yaitu hingga Rp 24 juta menjadi salah satu faktor banyaknya ketidakpuasan terutama dari para pecinta modifikasi motor.

Untuk undang-undang yang mengatur larangan modifikasi motor sendiri sudah tertuang pada beberapa pasal, yang pertama adalah UU No 22 tahun 2009 pasal 227 dan 316 ayat 2. Dan untuk pasal yang kedua adalah PP No 55 tahun 2012 tentang kendaraan pasal 131 e, 132 ayat 2, dan juga 132 ayat 7.

Modifikasi Motor Didenda

Contoh Modifikasi Motor Yang Didenda

Tetapi taukah anda jika tidak semua modifikasi motor itu akan didenda? Dikutip dari halaman solopos, bahwa Iptu MR Firman, yang merupakan Direktorat Lalu Lintas Polda Surabaya menjelaskan kalau aturan larangan modifikasi motor tersebut hanya berlaku pada modifikasi ekstrem saja. Maksud dari modif secara ekstrem adalah mengubah bentuk atau fungsi dari kendaraan secara signifikan atau drastis.

Misalkan kapasitas mesin yang diganti, atau merubah desain roda misalkan jika tadinya motor memiliki roda dua, lalu dimodifikasi menjadi roda tiga. Atau juga perubahan yang terjadi dari sisi daya angut, misalkan motor yang dirubah menjadi kendaraan odong-odong.

Sedangkan jika modifikasi yang dilakukan cenderung ringan, tidak akan ditilang  dengan catatam surat surat kendaraan lengkap. Maksud drai modifikasi ringan tersebut misalnya hanya menambahkan aksesoris, atau juga dengan mengganti ukuran ban atau velg standar. Untuk modifikasi tersebut yang terbilang simpel, tidak akan dikenakan tilang.

Sedangkan dikutip dari halaman Detik menurut AKBP Budiyanto, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, melakukan modifikasi ekstrem pada kendaraan bermotor anda merupakan salah satu tindak kejahatan. Tetapi jika modifikasi yang dilakukan dufah mendapatkan persetujuan berupa sertifikat dari kementerian perhubungan, hal tersebut sah-sah saja untuk dilakukan. AKBP Budiyanto juga menambahkan jika masyarakat harus memahami kalau melakukan modifikasi motor tanpa mekanisme yang benar, itu merupakan tindak pidana kejahatan.

Nah sudah paham kan mengenai larangan yang membuat modifikasi motor didenda? Lalu bagaimana pendapat anda para pecinta modifikasi motor, setujukah?

Demikian ulasan mengenai Modifikasi Motor Didenda, Jika Modifnya Seperti Ini yang dapat sobat baca dan simak di Modifikasi Motor! Semoga dengan adanya informasi mengenai "Modifikasi Motor Didenda, Jika Modifnya Seperti Ini" tersebut dapat memberikan informasi lebih lanjut. Selalu kunjungi website Modifikasi Motor unuk mendapakan Modifikasi Motor Dan Mobil Terbaru secara online yang lebih lengkap dan terdepan.

Modifikasi Motor Didenda, Jika Modifnya Seperti Ini