Cara membersihkan karburator vakum semua varian motor

modifikasi-motor.net Cara membersihkan karburator vakum semua varian motor – Karburator adalah salah satu part penting di dalam sepeda motor, fungsi dari karbu itu sendiri adalah mencampur udara dan bahan bakar menjadi kabut dan akhirnya disalurkan ke ruang pembakaran. Karburator tipe skep konvensional merupakan karbu yang ada pada motor jaman dulu. Seiring dengan perkembangan jaman karbu konvensional berkembang menjadi karbu vakum atau dengan nama lain Constant Velocity.

Karburator vakum ini dapat dilihat di motor – motor tipe terbaru seperti Suzuki     Satria  F – 150, Honda Vario, Yamaha Vixion, Honda Beat dan tipe tipe semua motor matic. Teknologi karbu tipe vakum sudah mengikuti karbu mobil, selain buka tutup gas halus juga pemakaian bahan bakar yang lebih irit itu adalah keunggulan dari karburator vakum. Tapi tidak lepas dari kekurangan, karbu vakum ini cenderung lebih lambat dalam respon buka tutup gasnya, skep karbu tidak langsung terbuka apabila tuas gas dibuka, tidak seperti karbu tipe konvensional yang lebih responsif. Tapi ada tips – tips untuk mensetting karburator vakum ini. Berikut ulasan untuk membersihkan karbu vakum dan juga memaksimalkan lebih responsif karbu yang dirasa kurang greget. Cara membersihkan Karburator vakum .

Buka baut karbu dengan obeng setelah dibuka terlihat komponen seperti Pilot Jet, Main Jet, Pelampung dan Pentilator. setelah itu lepaskan Pilot dan Main jet dengan obeng, lalu buka karet vakum. Buka dengan pelan tutupnya dulu di dalamnya ada pegas dan karet vakum. Ada 5 part yang mesti dibersihkan agar karburator lebih maksimal performanya. Part tersebut adalah Pilot miture screw, Jetting, Per skep, Skep dan Karet vakum. Berikut penjelasannya :
Pilot Miture Screw
Cara menyeting pilot Miture Screw bisa dilihat di manual book motor masing – masing. Untuk akselerasi motor biasanya pilot screw dibuka 1/4 – 1/2 putaran lebih besar dari patokan standar, otomatis motor menjadi tambah boros tapi akselerasi motor juga ikut cepat, karena energi pembakaran menjadi lebih besar.
Jetting
Memang dibutuhkan ketelitian untuk mensetting jetting ini. karena step ini sangat berpengaruh untuk membantu putaran atas lebih bertenaga pada motor kondisi standar. untuk memodifikasi atau mengganti pilot jet ataupun main jet sebaiknya 1 tingkat saja itu motor dalam kondisi bore up dan stroke up.
Skep
Yang sering menjadi permasalahan dalam gerakan naik turunnya skep adalah kotoran atau debu mengakibatkan permukaan teflon menjadi kasar karena terkena kotoran. Dengan menyemprot minyak pelumas yang SAE nya encer lalu diratakan dengan jari tangan ( contoh minyak pelumas SINGER yang biasa untuk mesin jahit manual). Untuk perawatan lakukan 1 bulan sekali agar performa motor terjaga atau maksimal.
Per Skep
Dengan mengganti atau memotong per skep dapat juga meningkatkan performa dari karbu itu sendiri, asal tidak terlalu banyak pada waktu memotong karena mengakibatkan motor jadi boros dan suara brebet.
Karet Vakum


Dengan mengecek kelenturan keras apa tidaknya karet vakum membantu performa kinerja mesin. Karena karet sudah mengeras kecepatan mesin menjadi boros bensin dan kecepatan motor. Untuk karburator vakum sebaiknya hindari pemakaian bahan bakar yang unleaded atau non timbel karena timbel tidak ikut terhisap dan menumpuk di bodi piston atau skep. Mengakibatkan pergerakan skep menjadi kurang.

Cara membersihkan karburator vakum semua varian motor | | 4.5