Cara Ampuh Merawat Motor Matic Agar Panjang Umur

Motor CihuyCara Ampuh Merawat Motor Matic Agar Panjang Umur. Semenjak kehadiran motor matik di tanah air, saat ini populasi motor jenis ini semakin tidak terbendung lagi. Sebagian orang menggunakan motor ini dengan alasan kemudahan dan kepraktisan dalam pengoperasian dan cara mengendarainya. Kebanyakan para pengguna motor matik berasal dari kalangan remaja yang baru bisa mengendarai motor terutama kaum perempuan yang sejak adanya motor matik menjadi ketagihan menggunakan alat transportasi modern yang satu ini.

Bagi para pengguna yang baru mengenal motor matik tentu saja harus mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan perawatan motor tersebut, terutama yang berkaitan dengan mesin. Apalagi bagi kaum wanita yang biasanya tahunya hanya memakai saja. Karakteristik mesin motor matik tentu sangat berbeda dengan motor bertransmisi manual, mesin motor sekarang termasuk pada skuter matik hadir dengan teknologi terbaru yaitu dalam hal suplai bahan bakarnya yang menggunakan sistem injection (injeksi).

Cara Ampuh Merawat Motor Matic Agar Panjang Umur
Oleh karena itu pada kesempatan sore yang cerah ini tim Motor Cihuy akan berbagi tips seputar perawatan motor matik supaya usia motor bisa bertahan lama, berikut ini tipsnya.

1. Melakukan Servis Secara Berkala.
Hal paling utama untuk mendapatkan performa motor yang selalu dalam kondisi prima adalah dengan melakukan servis rutin sesuai dengan intensitas dan lamanya waktu pemakaian motor. Untuk motor matik yang masih baru biasanya diberi jadwal servis seseuai dengan pencapaian kilometer atau lamanya waktu dari jadwal servis terakhir. Untuk selanjutnya biasakan melakukan servis rutin setelah pemakaian motor maksimal 2.000 kilometer atau paling lama 2 bulan sekali. Yang perlu dilakukan dalam servis rutin ini diantaranya penggantian oli, pembersihan busi dan pengecekan sistem injeksi, sistem CVT, kondisi rem, pembersihan ruang pembakaran dan terutama pengecekan bagian V-belt yang berfungsi sebagai rantai pada motor manual.

2. Selalu Memanaskan Mesin Motor Sebelum Pemakaian
Tips yang kedua ini mungkin sudah sering kita dengar, ya memanaskan mesin motor sebelum kita memakainya akan berguna untuk melumasi bagian-bagian dalam mesin dengan oli setelah lama beristirahat. Ini penting agar kinerja mesin dapat bekerja optimal dan tidak terjadi gesekan yang diakibatkan karena penyebaran oli yang belum merata pada seluruh bagian mesin. Lakukan hal ini dengan waktu sekitar 5 – 10 menit dan jangan mearik gas motor secara langsung sewaktu menghidupkan ataupun pada saat memanaskan, biarkan mesin dalam keadaan langsam.

3. Lakukan Penggantian Oli Mesin Secara Rutin

Biasanya penggantian oli dilakukan berbarengan dengan kegiatan servis rutin, namun tidak menutup kemungkinan juga hal ini dilakukan diluar jadwal servis berkala. Ketika motor telah melakukan perjalanan jauh dalam waktu yang cukup lama, maka penggantian oli menjadi hal yang wajib dilakukan agar kondisi mesin tetap prima. Oli yang dipakai juga harus benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan motor matik, ini bisa anda ikuti sesuai dengan saran dari pabrik motor yang memproduksinya.

4. Lakukan Penggantian Spare Parts Yang Sudah Aus

Jika pada saat servis rutin ditemukan beberapa suku cadang yang sudah aus atau rusak maka anda harus cepat menggantinya, terutama spare-parts yang berkaitan dengan mesin. Karena jika terlambat akan menggangu atau bahkan bisa merusak komponen yang lain sehingga kinerja mesin tidak berjalan optimal. Gunakan suku cadang asli sesuai dengan yang disarankan pabrik agar usia komponen/suku cadang tersebut tahan lama.

5. Lakukan Cara Mengemudi Motor Dengan Benar

Cara mengendarai motor matik agak sedikit berbeda dengan motor bertransmisi manual seperti motor bebek. Walaupun hal ini bisa dikatakan mudah karena hanya tinggal menarik gas untuk melajukan motor dan menarik tuas rem ketika akan berhenti, tapi ada teknik tersendiri guna menjaga mesin tetap stabil. Cara nya yaitu dengan mengurut secara perlahan-lahan baik pada saat menarik ataupun mengendorkan handel gas, jangan dilakukan secara spontan karena selain akan mengakibatkan bahan bakar terbuang secara percuma juga onderdil mesin bisa cepat rusak karena dipaksa harus bekerja secara ekstra.

Itulah 5 tips dan trik seputar teknis perawatan motor matic agar bisa bertahan lama walapun sudah memiliki usia yang agak lama. Jika anda ingin membeli sebuah motor matik yang baru sebaiknya baca artikel harga motor Yamaha Mio 125, siapa tahu skuter matik tersebut sesuai dengan kriteria yang anda inginkan, terima kasih šŸ™‚

Demikian ulasan mengenai Cara Ampuh Merawat Motor Matic Agar Panjang Umur yang dapat sobat baca dan simak di Modifikasi Motor! Semoga dengan adanya informasi mengenai "Cara Ampuh Merawat Motor Matic Agar Panjang Umur" tersebut dapat memberikan informasi lebih lanjut. Selalu kunjungi website Modifikasi Motor unuk mendapakan Modifikasi Motor Dan Mobil Terbaru secara online yang lebih lengkap dan terdepan.

Cara Ampuh Merawat Motor Matic Agar Panjang Umur